Pengertian Outbound Anak Usia Dini

Pengertian outbound anak usia dini adalah sebuah kegiatan yang dilakukan di alam terbuka (Outdoor) dengan melakukan beberapa simulasi permainan (Outbound Games) baik secara individu maupun perkelompok untuk anak usia dini.

Pendidikan Anak Usia Dini pada dasarnya menyelenggarakan kegiatan belajar sambil bermain, karena pada usia prasekolah anak sangat membutuhkan keleluasaan untuk bermain dan mengembangkan fungsi fisiologis dan psikologis yang berkenaan dengan permainannya.

Bermain adalah hal penting bagi seorang anak. Permainan dapat memberi kesempatan untuk melatih keterampilan dan dapat mengembangkan ide-ide sesuai dengan cara dan kemampuannya sendiri hingga pada ahirnya diharapkan dapat membantu proses belajar anak.

Permainan-Outbound-Anak
Permainan-Outbound-Anak

Outbound anak usia dini dapat diartikan sebagai :

  • Suatu kegiatan pembelajaran yang secara langsung dilakukan di alam terbuka dengan memanfaatkan alam sebagai media pembelajaran, kegiatannya belajar sambil bermain diisi oleh permainan atau ketangkasan dalam usaha membentuk kepribadian, memantapkan pemahaman kepemimpinan dan membentuk karakter anak percaya diri anak didik PAUD.
  • Kegiatan permainan dan pembelajaran yang dilaksanakan di luar ruangan sebagai variasi metode/pendekatan yang digunakan dengan tujuan memperkenalkan lingkungan, melatih psikomotorik dan mengembangkan wawasan, pengetahuan, sikap dan prilaku anak didik PAUD

 

OUTBOUND SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

Pada dasarnya pembelajaran yang dilakukan dalam program pendidikan anak usia dinia dalah bermain sambil belajar belajar atau melalui bermain. Metode outbound sangat cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran anak usia dini, karena outbound  merupakan  aktivitas/kegiatan permainan anak di ruang/alam terbuka yang sangat efektif dalam membangun pemahaman terhadap suatu konsep dan membangun prilaku dalam suasana rekreatif. Melalui metode outbound diharapkan anak lebih dekat dengan alam. Alam menjadi sumber inspirasi dan ilmu pengetahuan bagi anak.

Metode outbound merupakan sebuah pendekatan/metode belajar melalui pengalaman. Metode outbound anak usia dini menggunakan cara yang memberikan sebuah pengalaman langsung kepada anak. Anak langsung merasakan sukses atau gagal di dalam pelaksanaan sebuah tugas, karena anak terlibat langsung secara kognitif, afektif dan psikomotorik.  Jadi, metode outbound merupakan suatu upaya proses belajar dan berlatih, yang bertujuan untuk menumbuhkan keterampilan tertentu pada anak usia dini.

Salah satu ciri metode outbound anak usia dini adalah penuh dengan kegembiraan karena dilakukan dengan permainan, sehingga anak merasa senang di dalam kegiatan belajar. Melalui pengalaman belajar di alam terbuka ditemukan adanya keterangsangan minat belajar dan kegembiraan pada diri anak. Keterangsangan dan kegembiraan dalam bermain menyebabkan anak akan belajar dan memahami makna dari bermain tersebut.

Semoga pengertian outbound anak usia dini yang diambil dari referensi berbagai sumber, dapat bermanfaat buat Anda. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*